Home » » Mengembangkan kecerdasan linguistik dengan aktivitas ngeBLOG

Mengembangkan kecerdasan linguistik dengan aktivitas ngeBLOG

Kecerdasan linguistik merupakan bagian dari teori multiple intelligences-nya Gardner. Kecerdasan ini merupakan kemampuan seseorang dalam berbicara dan menulis. Menyusun ide-ide dalam pikirannya secara runtut dan jelas. Memilih kata per kata dengan efektif, sehingga ketika ide itu dituangkan dalam tulisan atau disampaikan secara verbal, maka apa yang disampaikannya memiliki kekuatan yang mampu mengubah pikiran dan menggerakkan orang lain. Bagaimana Soekarno atau Bung Tomo mampu menggerakkan orang untuk berjuang dengan pidatonya, atau Almarhum WS Rendra dan Taufik Ismail yang mampu “menyihir” orang dengan puisinya. Ini karena beliau-beliau memiliki kecerdasan linguistik yang hebat.

Lantas, apa hubungannya ngeblog dengan kecerdasan linguistik ? sebagaimana judul postingan ini.

Secara umum, pengembangan kecerdasan linguistik dapat dilakukan dengan membaca dan menulis. Ngeblog merupakan salah satu aktivitas yang identik dengan menulis (untuk posting). Anda bisa menuliskan apa saja, pengalaman pribadi, review produk, resensi buku, opini, atau apapun yang bisa anda tuliskan, tentu saja yang bermanfaat dan produktif, tidak mengandung SARA atau yang bersifat menghasut, pornografi, dan kekerasan. Sehingga aktivitas ini menjadikan anda terbiasa menyampaikan pemikiran dalam bentuk kata-kata (tulisan). Jangan nilai dulu bagus tidaknya tulisan anda, karena semakin sering anda menulis, semakin bertambah wawasan anda, maka kemampuan menulis anda akan berkembang menjadi berkualitas.

Aktivitas ngeblog tak hanya sekedar posting, tetapi juga membaca. Umumnya blogger sering berkunjung ke blog orang lain (blogging/blog walking), untuk sekedar menyapa atau memberi komentar. Bahkan seringkali mereka membaca artikel-artikel dari berbagai blog untuk mencari inspirasi yang akan ditulis untuk posting. Inilah alasan mengapa ngeblog, secara sadar atau tidak, dapat mengasah kecerdasan linguistik, karena aktivitasnya selalu berkaitan dengan membaca dan menulis. Sehingga banyak sekali blogger-blogger senior yang menerbitkan buku-bukunya, baik dalam bentuk cetakan maupun e-book.

Akan lebih baik jika pengembangan kecerdasan linguistik ini ditunjang dengan pengembangan kecerdasan Intrapribadi (self smart), Antarpribadi (People Smart), dan kecerdasan Logis Matematis (Logic Smart). Kombinasi kecerdasan ini akan mendukung kesuksesan anda, karena anda mampu memahami potensi dan kelemahan yang anda miliki. Mampu membangun relasi yang positif, mampu beradaptasi terhadap segala situasi, mampu bekerjasama dengan orang lain, dan mampu berfikir logis dan melakukan analisis terhadap setiap permasalahan yang dihadapi. Dan ini merupakan ciri-ciri orang sukses.
Thanks for reading Mengembangkan kecerdasan linguistik dengan aktivitas ngeBLOG

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment