Home » » Bagaimana mencegah stres ?

Bagaimana mencegah stres ?

Stress merupakan suatu reaksi psikologis dan fisik normal terhadap tuntutan kehidupan yang semakin meningkat. Ingat! bahwa otak Anda telah terprogram dengan sistem alarm untuk melindungi Anda. Ketika otak Anda merasakan “ancaman”, sinyal dalam tubuh anda melepaskan hormon untuk merespon “ancaman” tersebut, apakah “melawan” atau “membiarkan”. Setelah ancaman itu hilang, tubuh Anda akan kembali ke keadaan rileks normal. Sayangnya, dalam kehidupan modern tuntutan pemenuhan kebutuhan membuat sistem alarm anda tidak pernah berhenti. Itu sebabnya manajemen stres sangat penting.

Manajemen stres memberi Anda berbagai alat untuk me-reset sistem alarm Anda. Tanpa manajemen stres, tubuh Anda selalu dalam siaga tinggi. Seiring meningkatnya stres yang anda alami dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya, seperti sakit kepala, insomnia atau produktivitas Anda berkurang di tempat kerja. Anda mungkin berpikir gejala-gejala tersebut disebabkan oleh penyakit, tetapi stres sebenarnya bisa jadi pelakunya. Jangan menunggu sampai stres memiliki dampak negatif pada kesehatan Anda, hubungan sosial atau kualitas hidup anda. Stres yang dibiarkan dapat berkontribusi terhadap masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Bagaimana mencegah stres ?

Jawabannya adalah hiduplah dengan bahagia. Bagaimana menjadi bahagia ? Kebahagiaan tidak muncul dengan tiba-tiba, kebahagiaan harus diusahakan. Sesungguhnya setiap orang memiliki potensi untuk bahagia, karena kebahagiaan itu ada dalam diri masing-masing orang, tinggal bagaimana orang tersebut mampu menggalinya.

Sebagian besar faktor yang menentukan kebahagiaan adalah kepribadian, pikiran, dan perilaku anda. Untuk menjadi bahagia, kelilingi diri Anda dengan orang-orang bahagia. Keluarga dan teman adalah sumber kebahagiaan. Rayakan keberhasilan yang anda raih dengan mereka, dan mereka pun akan mendukung Anda ketika Anda dalam keadaan sulit. Oleh karena itu, jalin dan pelihara selalu silaturahmi dengan mereka. Hargailah apa yang mereka lakukan atau berikan untuk Anda, apapun bentuknya. Jadikan mereka sebagai bagian dari hidup Anda.

Jika anda mencari kebahagiaan di luar rumah/keluarga, maka kebahagiaan semu yang akan anda dapatkan, karena sumber kebahagiaan yang haqiqi adalah rumah Anda, KELUARGA ANDA.
Thanks for reading Bagaimana mencegah stres ?

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment