Home » , » Ciri-ciri anak berbakat

Ciri-ciri anak berbakat

Semua anak terlahir masing-masing mempunyai kelebihan, demikian juga dengan anak anda. Namun terkadang kelebihan itu tidak muncul, mungkin karena anda kurang memperhatikan, atau anda kurang memberikan dorongan dan fasilitas untuk berkembangnya kemampuan anak.

Anak berbakat (gifted dan talented) adalah “are born and then made”. Banyak anak yang secara potensial berbakat, namun tidak terlihat, tidak berfungsi, kalaupun muncul tetapi tidak mendapatkan perlakuan yang tepat, sehingga prestasi anak tidak terlalu menonjol. Hal ini disebabkan lingkungan yang kurang memberikan dukungan, rangsangan, atau memacu kemampuan yang ada dan memberikan perlakuan serta fasilitas pendidikan yang kurang tepat.

Apakah anak anda mempunyai bakat luar biasa ?

Identifikasi anak berbakat dapat anda lakukan sendiri, dengan mengamati dan mencatat adanya perkembangan-perkembangan yang berbeda dibanding dengan anak seusianya. Akselerasi perkembangan pada anak-anak berbakat lebih cepat, baik aspek fisik (seperti tinggi dan berat badan), aspek intelektual (seperti bahasa atau seni), dan aspek mental (seperti kematangan emosi).

Untuk menentukan apakah anak anda mempunyai bakat luar biasa, ada 3 komponen penting yang harus dimiliki anak, yakni komponen kemampuan, task commitment, dan kreativitas. Ketiganya tidak berdiri sendiri, namun saling terkait dan berhubungan.

1. Kemampuan

Komponen ini pada dasarnya suatu kondisi yang dibawa sejak lahir. Bakat luar biasa ditunjukkan dengan kemampuan anak yang berada di atas rata-rata, dan bisa diukur, misalnya tes intelegensi, tes bakat dan kemampuan khusus, meliputi kreativitas, penalaran, bakat mekanik, angka-angka, kemampuan verbal,dan kemampuan umum atau kemampuan khusus lainnya.

2. Task commitment

Komponen ini merupakan komponen non-intelektif. Misalnya ekspresi dan kemampuan verbal yang sangat baik. Pada anak dengan kemampuan luar biasa memperlihatkan perhatian, keinginan untuk melakukan atau memperoleh sesuatu dengan hasil sebaik-baiknya dan setinggi-tingginya, lebih dari anak pada umumnya. Reaksi tidak pernah merasa puas, tekun, gigih, dan tidak mudah menyerah, merupakan task commitment anak luar biasa.

3. Kreativitas

Anak dengan bakat luar biasa selalu berfikir kreatif, bertindak kreatif dan original. Kaya ide dan rasa ingin tahu yang kuat. Pada anak dengan kemampuan luar biasa selalu inovatif, bukan reproduktif, sehingga sering melakukan hal-hal baru, yang mencengangkan orang-orang di sekelilingnya.

Mengidentifikasi anak dengan kemampuan luar biasa membutuhkan waktu cukup lama, dan secara komprehensif. Demikian juga dalam hal pendidikan, perlu memperhatikan integrasi antara berbagai program (formal maupun informal). Jika anda terlalu memperhatikan satu komponen saja, ini akan merugikan anak, karena akan berakibat perkembangan kepribadian yang “tidak utuh”.
Thanks for reading Ciri-ciri anak berbakat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment