Home » , » 5 Tips sederhana mengalahkan depresi

5 Tips sederhana mengalahkan depresi

Pemilu legislatif berakhir sudah, bagi yang “menang”, ia akan merasakan kebahagiaan yang sangat besar karena akan melenggang menjadi “yang terhormat” di gedung DPR, tapi jangan lupa dengan janjinya untuk memikirkan rakyat, karena Anda adalah WAKIL RAKYAT yang terpilih, bukan atas dasar tunjukan dari partai politik Anda. Bagi yang gagal dapat dipahami jika mengalami guncangan yang hebat karena sudah mencurahkan segenap tenaga dan pikiran, menghabiskan dana ratusan juta sampai milyaran rupiah. Bahkan belum genap sehari dari hari pencoblosan, TV One sudah menayangkan berita mengenaskan, bagaimana seorang calon legeslatif yang depresi karena gagal terpilih.

Jauh-jauh hari banyak Rumah Sakit Jiwa yang menyediakan secara khusus perawatan bagi “korban” pemilu legeslatif. Tapi saya berharap Anda tidak menjadi pasien disana. Terima dengan ikhlas kegagalan Anda, ini akan membantu meringankan beban Anda. Berjuang tidak harus dari gedung DPR, banyak hal yang masih pantas Anda perjuangkan, hidup Anda dan keluarga Anda, misalnya. Ikuti 5 tips berikut ini untuk mengalahkan depresi bagi Anda yang gagal jadi legeslatif, maupun bagi Anda yang depresi karena masalah-masalah lain.

1. Mencari fakta-fakta atas depresi Anda dan mendapatkan bantuan

Baca dan lakukan penelitian tentang depresi. Anda perlu memiliki pemahaman tentang apa yang Anda hadapi. Ibarat mau maju perang, Anda harus “mengantongi” kekuatan lawan. Dengan pengetahuan Anda tentang depresi, memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang tepat dan mengeksplorasi apa jenis perawatan medis jika diperlukan. Manfaatkan tes diri untuk mengetahui jenis depresi yang Anda alami, yang banyak ditemukan di buku-buku atau secara online. Anda harus mencari bantuan medis setelah melakukannya, depresi bisa sangat rumit untuk dipecahkan sendiri.

2. Latihan fisik atau olah raga

Setiap latihan fisik, atau olah raga, seperti jogging, selain baik untuk kesehatan dan kebugaran Anda, juga dapat membantu mengangkat kembali semangat Anda. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa latihan fisik atau olah raga secara rutin dapat efektif mengalahkan depresi.

3. Berbagi perasaan atau curhat

Kebanyakan orang yang mengalami depresi hanya memerlukan saluran untuk melampiaskan pikiran dan emosi mereka. Berbagi perasaan atau curhat dengan sahabat, keluarga, atau orang lain, asalkan Anda merasa nyaman, adalah cara mudah yang sangat baik untuk mengurangi depresi. Seseorang yang mampu mendengarkan, berempati , dan dapat memahami bagaimana perasaan Anda, bahkan tanpa menawarkan nasihat apapun, itu sudah cukup untuk membantu Anda menjadi merasa lebih baik.

4. Hindari alkohol dan obat-obatan

Banyak orang yang depresi “melarikan diri” dengan mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan. Mungkin ini akan membuat Anda merasa nyaman, tapi hanya bersifat sementara, dalam jangkan panjang akan merusak kesehatan dan menghancurkan kehidupan Anda. Jangan lari pada alkohol atau obat-obatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol dan obat-obatan sementara mengurangi efektivitas hormon stres sehingga menekan sistem saraf dan otak yang membuat Anda merasa down, bahkan akan lebih memperparah kondisi Anda.

5. Fokus pada harapan

Optimis. Sikap penuh harapan adalah kebalikan dari depresi. Untuk mengalahkan depresi, Anda harus belajar untuk fokus pada harapan dan mengembangkan hati yang penuh harapan. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah dengan mendekatkan diri pada Allah SWT, membaca Al-Quran, atau kisah-kisah inspiratif tentang seseorang yang mampu keluar dari depresi. Dengan internet , ayat-ayat dan kisah-kisah tersebut dengan mudah ditemukan dengan menggunakan Google .

Cara lain untuk mencapai ini adalah dengan memanfaatkan afirmasi positif, peneguhan pada hal-hal positif dalam diri Anda, dengan cara sederhana, Anda cukup menuliskan kalimat-kalimat positif yang dapat Anda pikirkan, tempelkan pada tempat-tempat yang setiap saat Anda dapat membacanya. Bacalah keras-keras dengan energi 10 kali setiap pagi dengan penuh keyakinan dan kepercayaan bahwa yang Anda tegaskan itu akan terwujud. Ini dapat mengalihkan daya negatif dalam kehidupan Anda kepada afirmasi positif yang Anda lakukan.

Lakukan 5 tips ini dengan kepercayaan dan keyakinan diri, insya Allah Anda mampu mengalahkan depresi yang Anda alami. Ingat, tindakan Anda adalah kunci dari "perang" ini, karena sesungguhnya Anda berhak untuk menikmati kehidupan yang layak Anda dapatkan ! Amin.
Thanks for reading 5 Tips sederhana mengalahkan depresi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment