Home » » Tips mengelola stres dari American Psychological Association (APA)

Tips mengelola stres dari American Psychological Association (APA)

Dalam kehidupan yang penuh tekanan saat ini, stres telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Stres dapat menyebabkan orang merasa kewalahan atau menekan seseorang sampai pada batasnya. Stres dengan “kadar” yang rendah sampai sedang bisa baik bagi Anda jika dikelola dengan cara yang sehat, sebaliknya, stres yang ekstrim dapat mengambil korban secara emosional dan fisik. Anda dapat kehilangan pekerjaan Anda, orang-orang yang Anda cintai, keluarga Anda, bahkan nyawa Anda.

Pengelolaan stres yang buruk memberikan konsekuensi buruk bagi kesehatan Anda, merasa lelah, obesitas, sampai pada penyakit jantung, misalnya. Penting untuk mengetahui bagaimana mengenali tingkat stres yang tinggi dan mengambil tindakan untuk menanganinya dengan cara yang sehat. Mampu mengendalikan stres adalah perilaku yang dipelajari, dan stres dapat secara efektif dikelola dengan mengambil langkah-langkah kecil menuju perubahan perilaku tidak sehat menjadi perilaku yang sehat.

American Psychological Association (APA) menawarkan tips berikut tentang bagaimana mengelola stres Anda :

Memahami bagaimana Anda stres. Setiap orang mengalami stres secara berbeda. Bagaimana Anda tahu kapan Anda sedang stres ? Bagaimana pikiran atau perilaku yang berbeda dari saat-saat ketika Anda tidak merasa stres ?

Mengidentifikasi sumber stres Anda. Peristiwa atau situasi apa yang memicu perasaan stres ? Apakah berhubungan dengan anak-anak Anda, keluarga, kesehatan, keuangan, pekerjaan, hubungan atau sesuatu yang lain ?

Pelajari sinyal stres Anda sendiri. Orang-orang mengalami stres dengan cara yang berbeda. Anda mungkin memiliki waktu sulit berkonsentrasi atau membuat keputusan, merasa marah , mudah tersinggung atau di luar kendali, atau mengalami sakit kepala, ketegangan otot atau kekurangan energi. Ukur sinyal stres Anda.

Kenali bagaimana Anda mengatasi stres. Tentukan apakah Anda menggunakan perilaku tidak sehat ( seperti merokok, minum alkohol, dan makan berlebih ) untuk mengatasinya. Apakah ini perilaku rutin, atau itu khusus untuk peristiwa atau situasi tertentu ? Apakah Anda membuat pilihan yang tidak sehat akibat merasa bergegas dan kewalahan ?

Temukan cara yang sehat untuk mengelola stres. Pertimbangkan cara-cara yang sehat untuk mengurangi stress, seperti meditasi, berolahraga atau berbicara dengan teman-teman atau keluarga. Perlu diingat bahwa perilaku tidak sehat berkembang dari waktu ke waktu dan bisa sulit untuk berubah. Jangan mengambil terlalu banyak sekaligus. Fokus pada perubahan perilaku hanya satu pada suatu waktu.

Jaga diri Anda baik-baik. Makan dengan benar, cukup tidur, minum banyak air dan terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur. Pastikan Anda memiliki pikiran dan tubuh yang sehat melalui kegiatan seperti yoga, berjalan-jalan pendek, pergi ke gym atau bermain olahraga yang akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Ambil liburan biasa atau istirahat dari pekerjaan. Tidak peduli seberapa sibuk, penting membuat waktu untuk diri sendiri - bahkan jika itu hanya hal-hal sederhana seperti membaca buku yang bagus atau mendengarkan musik favorit Anda.

Mencari dukungan. Menerima bantuan dari teman-teman dan keluarga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengelola stres. Jika Anda terus merasa kewalahan oleh stres, Anda mungkin ingin berbicara dengan seorang psikolog, yang dapat membantu Anda lebih baik mengelola stres dan mengubah perilaku tidak sehat.
Thanks for reading Tips mengelola stres dari American Psychological Association (APA)

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment