Home » , , » 10 tips belajar cepat, efektif, dan efisien

10 tips belajar cepat, efektif, dan efisien

Apakah Anda tertarik untuk menemukan cara belajar hal-hal baru yang lebih cepat? Apakah Anda ingin menjadi seorang pembelajar yang lebih efektif dan efisien? Jika waktu Anda terbatas, sangat penting menghargai waktu yang tersedia untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kecepatan belajar bukan satu-satunya faktor penting, namun, retention, recall, dan transfer juga penting. Anda harus mampu secara akurat mengingat informasi yang Anda pelajari, memngingatnya kembali di lain waktu, dan memanfaatkan secara efektif dalam berbagai macam situasi.

Menjadi seorang pembelajar yang efektif dan efisien bukan sesuatu yang terjadi dalam waktu semalam, tapi dengan memanfaatkan beberapa tips di bawah ini dalam praktek sehari-hari dapat membantu Anda mendapatkan manfaat lebih dari waktu belajar Anda.

1. Meningkatkan memori Anda

Hal mendasar yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan memori Anda. Tips dasar seperti meningkatkan fokus perhatian Anda, menghindari gaya belajar secara maraton, dan mengatur waktu belajar Anda adalah cara yang baik untuk memulai menjadi pembelajar yang cepat, efektif, dan efisien.

2. Terus belajar dan berlatih hal-hal baru

Salah satu cara ampuh untuk menjadi pembelajar yang lebih efektif adalah terus belajar. Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang baru, Anda hanya belajar untuk tetap berlatih, terus berlatih dan berlatih hal-hal baru. Contoh, jika Anda belajar bahasa baru, penting untuk terus berlatih menggunakan bahasa tersebut untuk mempertahankan kemampuan yang telah Anda capai.

3. Belajar dengan berbagai cara

Belajarlah dengan lebih dari satu cara. Kita mengenal berbagai gaya belajar, visual, auditori, dan kinestetik. Jangan hanya sekedar mendengarkan, yang melibatkan belajar auditori, temuka cara untuk berlatih menyerap informasi, baik secara lisan dan visual. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjelaskan apa yang Anda pelajari ke teman, membuat catatan, menggambar atau peta pikiran. Ini bisa menjadi referensi silang data, yang berarti kita telah belajar, bukan hanya sekedar menghafal.

4. Berbagi ilmu

Salah satu cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain. Mulailah dengan menerjemahkan informasi dengan kata-kata Anda sendiri. Proses ini sendiri membantu memperkuat pengetahuan baru dalam otak Anda. Berikutnya, menemukan beberapa cara untuk berbagi apa yang Anda pelajari. Beberapa ide termasuk menulis posting blog, artikel, membuat presentasi, atau berpartisipasi dalam diskusi kelompok.

5. Memanfaatkan apa yang Anda pelajari sebelumnya untuk mengembangkan pengetahuan atau keterampilan yang baru

Cara lain untuk menjadi pembelajar yang lebih efektif adalah dengan menggunakan pembelajaran relasional, yang melibatkan keterkaitan antara informasi baru dengan hal-hal yang Anda sudah tahu. Misalnya, jika Anda belajar tentang Romeo dan Juliet, Anda mungkin mengasosiasikan apa yang Anda pelajari tentang drama dengan pengetahuan yang Anda miliki tentang Shakespeare, periode sejarah di mana penulis tinggal, dan informasi lain yang relevan.

6. Mempraktikan apa yang Anda pelajari

Bagi banyak pelajar, belajar biasanya melibatkan membaca buku, menghadiri kuliah, atau melakukan penelitian di perpustakaan atau di Web. Jika belajar olahraga atau keterampilan, lakukanlah aktivitas tersebut secara teratur. Jika Anda belajar bahasa baru, berlatihlah berbicara dengan orang lain dengan bahasa tersebut. Menonton film-bahasa asing dan memulai percakapan dengan penutur asli untuk berlatih keterampilan pemula Anda.

7. Carilah jawaban di kamus dari pada Anda berjuang untuk mengingat kembali 

Tentu saja, belajar bukanlah proses yang sempurna. Kadang-kadang, kita lupa rincian hal-hal yang telah kita pelajari. Jika Anda menemukan diri Anda berjuang untuk mengingat kembali beberapa bagian-bagian kecil dari informasi, penelitian menunjukkan bahwa Anda lebih baik mencari jawaban yang benar di kamus daripada Anda berusaha mengingatnya. Sebuah studi menunjukkan, bahwa semakin lama Anda menghabiskan waktu untuk mencoba mengingat jawaban, semakin besar kemungkinan Anda akan melupakan jawabannya lagi di masa depan. Mengapa? Karena upaya untuk mengingat informasi yang dipelajari sebelumnya benar-benar menghasilkan belajar "menegaskan kesalahan" bukan jawaban yang tepat.

8. Memahami bagaimana kebiasaan belajar Anda yang baik

Strategi lain yang besar untuk meningkatkan efisiensi belajar Anda adalah mengenali kebiasaan belajar dan gaya belajar Anda. Ada sejumlah teori yang berbeda tentang gaya belajar, yang semuanya dapat membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Anda mendapatkan cara belajar terbaik.

9. Gunakan tes untuk meningkatkan belajar

Walaupun mungkin tampak bahwa menghabiskan lebih banyak waktu belajar adalah salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan pembelajaran, penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan tes sebenarnya membantu Anda lebih baik mengingat apa yang Anda pelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dan kemudian diuji memiliki ingatan jangka panjang lebih baik terhadap apa yang dipelajari, bahkan informasi yang tidak tercakup oleh tes. Siswa yang memiliki waktu ekstra untuk belajar tetapi tidak diuji memiliki ingatan secara signifikan lebih rendah terhadap materi yang dipelajari.

10. Hindari Multitasking

Ada anggapan bahwa orang-orang yang multitask, atau melakukan lebih dari satu kegiatan sekaligus, memiliki keunggulan atas mereka yang tidak melakukannya. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa, multitasking dapat benar-benar membuat belajar kurang efektif. Dalam studi tersebut, para peserta kehilangan sejumlah besar waktu karena mereka beralih antara beberapa tugas dan kehilangan lebih banyak waktu karena tugas menjadi semakin kompleks. Dengan beralih dari satu aktivitas ke aktivitas lain, Anda akan belajar lebih lambat, menjadi kurang efisien dan membuat lebih banyak kesalahan.

Bagaimana Anda dapat menghindari bahaya multitasking? Mulailah dengan memfokuskan perhatian Anda pada tugas yang dihadapi, dan kemudian baru melanjutkan tugas yang lain sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
Thanks for reading 10 tips belajar cepat, efektif, dan efisien

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment