Home » , » Evaluasi dan tindak lanjut konseling kelompok

Evaluasi dan tindak lanjut konseling kelompok

Evaluasi dan sesi tindak lanjut merupakan langkah penting dalam proses konseling kelompok, bukan hanya sekedar pelengkap. Sebuah prosedur evaluasi yang sistematis dan efektif dapat meningkatkan upaya fasilitatif dari pemimpin kelompok. Evaluasi merupakan bagian dari keseluruhan proses konseling itu sendiri, bukan suatu kegiatan yang terlepas, yang dilakukan pada tahap akhir, yaitu setelah konseling selesai. Dengan begitu, evaluasi masuk menjadi satu dalam bagan arus proses konseling yang dimulai dari penetapan tujuan sampai pengakhiran konseling kelompok.

Di dalam pelaksanaan konseling kelompok, konselor / Guru Bimbingan dan Konseling, mempunyai tanggung jawab untuk mengevaluasi kesuksesan perilaku kerja dan mengadakan tindak lanjut. Tahap ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh manakah konseling kelompok yang telah dilaksanakan mencapai hasil, dan tindakan apa yang selanjutnya akan dilakukan oleh Guru BK/Konselor.

Evaluasi yang dilakukan oleh konselor (Guru BK/Konselor) meliputi evaluasi proses dan evaluasi hasil konseling. Evaluasi proses konseling kelompok mengidentifikasikan variabel proses yang memberi konstribusi atau mendorong pencapaian tujuan. Evaluasi proses dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan layanan konseling kelompok dilihat dari prosesnya. Aspek yang dinilai dalam evaluasi proses yaitu antara lain: (1) kesesuaian antara program dengan pelaksanaan, (2) keterlaksanaan program, (3) hambatan yang dijumpai, (4) faktor penunjang, dan (5) keterlibatan siswa dalam kegiatan.

Evaluasi hasil konseling kelompok dimaksudkan untuk memperoleh informasi keefektifan konseling kelompok dlihat dari segi hasilnya. Aspek yang dinilai dalam evaluasi hasil konseling kelompok yaitu perolehan siswa dalam hal: (1) pemahaman baru, (2) perasaan, (3) rencana kegiatan yang akan dilakukan pasca pelayanan, (4) dampak layanan terhadap perubahan perilaku ditinjau dari pencapaian tujuan layanan, tugas perkembangan, dan hasil belajar, (5) permasalahan terpecahkan dan aspek-aspek tertentu pada diri siswa dapat berkembang secara baik, titik-titik lemah yang dapat mengganggu perkembangan dapat dihilangkan, dan permasalahan dapat dipecahkan dengan cepat dan lancar.

Evaluasi unjuk kerja anggota kelompok dapat dilakukan sebelum konseling, selama konseling atau selama pelaksanaan strategi konseling, segera setelah konseling, dan beberapa waktu setelah konseling pada tahap tindak lanjut. Evaluasi sebelum penanganan dimaksudkan untuk mengetahui tingkah laku tujuan. Periode sebelum penanganan adalah pegangan yang digunakan untuk melihat adanya perubahan dalam tingkah laku tujuan setiap anggota kelompok selama dan setelah perlakuan. Evaluasi selama penanganan dilakukan dengan mengumpulkan data secara terus menerus unjuk kerja anggota kelompok. pengumpulan data selama penanganan merupakan balikan bagi Guru BK/Konselor dan anggota kelompok tentang manfaat dari strategi penanganan yang dipilih dan unjuk kerja tingkah laku tujuan yang dicapai anggota kelompok.

Evaluasi segera setelah penanganan untuk melihat seberapa jauh konseling kelompok telah membantu kelompok mencapai hasil-hasil yang diinginkan. Evaluasi pasca konseling kelompok yaitu evaluasi yang dilakukan untuk memantau kinerja anggota kelompok setelah konseling kelompok berakhir dan tujuannya tercapai. Guru BK/Konselor melihat apakah anggota kelompok menjalankan keputusan atau menindaklanjuti perilaku hasil yang diperoleh melalui kegiatan konseling.

Sedangkan sesi tindak lanjut merupakan kegiatan postgroup. Pada kegiatan ini anggota kelompok dapat membicarakan upaya-upaya apa yang telah ditempuh. Mereka dapat melaporkan tentang kesulitan-kesulitan yang ditemui, berbagai kesukacitaan, dan keberhasilan dalam kelompok. Anggota kelompok menyampaikan pengalaman-pengalaman mereka dan hasilnya selama mengikuti kegiatan konseling kelompok dalam kehidupan sehari-hari. Sesi tindak lanjut ini menjadi bagian penting karena memberikan kesempatan anggota kelompok untuk menangani terselesaikannya isu dan menerima dukungan atau dorongan dari kelompok.
Thanks for reading Evaluasi dan tindak lanjut konseling kelompok

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment