Home » » Tips Memperjuangkan hak sukses Anda

Tips Memperjuangkan hak sukses Anda

Sukses. Setiap orang pasti ingin sukses, dalam bidang apapun. Setiap orang punya hak untuk sukses, tidak ada seorangpun yang berhak menghalangi Anda untuk sukses. Diri Anda sendirilah yang bisa menjadi penghalang Anda untuk sukses, disadari atau tidak disadari. Banyak diantara kita yang “salah jalan” dalam memperjuangkan haknya untuk sukses. Mereka melihat orang-orang yang telah sukses, kemudian mencoba memperjuangkan hak suksesnya seperti mereka, tanpa melihat proses dan kewajiban yang telah mereka penuhi untuk mendapatkan hak suksesnya. Anda punya hak sendiri, Anda punya kewajiban sendiri. Ingat ! Orang sukses adalah orang yang pertama, bukan yang ke dua, ke tiga, dan seterusnya. Tidak ada plagiat yang sukses seperti aslinya, mereka hanya akan menjadi biasa-biasa saja.

Untuk sukses, Anda harus menjadi diri sendiri. Setiap individu itu unik, tidak ada individu yang sama, kembar identik sekalipun pasti berbeda. Kewajiban Anda adalah mengembangkan keunikan Anda, potensi dalam diri Anda. Tunaikan kewajiban-kewajiban itu, maka Anda akan mendapatkan hak sukses Anda. Berikut 10 tips untuk mendapatkan hak sukses Anda.

  1. Berfikir positif. Bagaimana Anda berfikir menjadi landasan Anda bertindak. Selalu menjadi positif. Berfikir sukses, bukan kegagalan. Waspadalah terhadap lingkungan negatif, karena bisa menyeret Anda, membawa Anda kearah negatif, berfikir negatif, dan bertindak negatif.
  2. Merumuskan tujuan. Tentukan impian dan tujuan Anda. Rumuskan tujuan khusus Anda secara spesifik, dan kembangkan rencana untuk menjangkau serta mewujudkannya.
  3. Usaha nyata. Ambil tindakan. Impian dan tujuan Anda tidak berarti apa-apa, hanya diawang-awang, tanpa adanya tindakan nyata. Jangan takut untuk memulai sekarang. Mulailah melangkah meskipun itu langkah kecil. Langkah besar selalu dimulai dari langkah kecil. Jadilah pelompat jauh, memulai dengan langkah kecil, kemudian langkah besar, dan diakhiri dengan sebuah lompatan.
  4. Belajar, belajar, dan terus belajar. Jangan pernah berhenti belajar. Belajarlah dari buku, dari orang-orang sukses. Belajarlah dari keberhasilan maupun kegagalan Anda. Asah keterampilan Anda. Jadikan diri Anda terampil dengan terus berlatih dan/atau mengikuti pelatihan.
  5. Jadilah orang yang gigih dan pekerja keras. Sukses adalah marathon, bukan sprint. Tidak ada makan siang gratis, tidak ada sukses secara instan. Perjuangkan hak sukses Anda dengan kegigihan, kerja keras, dan pantang menyerah, meskipun terkadang diawalnya Anda akan merasakan kepahitan, kegetiran, bahkan kegagalan. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.
  6. Perhatikan hal-hal detail. Belajarlah menganalisis secara rinci. Jangan hanya yang besar-besar, perhatikan juga dengan hal-hal kecil. Kumpulkan semua fakta, semua masukan, kritikan. Jadikan sebagai bahan instrospeksi. Belajarlah dari kesalahan Anda. Jangan takut salah, jika Anda takut salah, Anda tidak akan pernah tahu mana yang benar.
  7. Fokus. Curahkan pikiran, waktu, tenaga, dan uang pada impian dan tujuan yang telah Anda tetapkan. Jangan biarkan orang atau hal-hal lain mengalihkan, bahkan mengambil perhatian Anda. Fokus, fokus, dan fokus.
  8. Jangan takut berkreasi dan berinovasi. Selalu membuat terobosan baru. Jadilah unik, berbeda. Jadilah yang terdepan, menjadi yang pertama, yang ke dua, ke tiga, dan setelahnya pastilah menjadi yang “biasa-biasa” saja. Jangan menjadi ekor, jadilah kepala, karena “ekor” selalu berada dibelakang.
  9. Buatlah komitmen dan berkomunikasi dengan orang-orang secara efektif. Belajarlah untuk memahami dan memotivasi diri sendiri dan orang lain. Ingat ! Motivator utama dan pertama adalah diri Anda sendiri.
  10. Membangun integritas. Jadilah orang yang jujur, bertanggungjawab, dan dapat diandalkan. Jika tidak, maka point 1 – 9 menjadi tidak ada artinya.
Thanks for reading Tips Memperjuangkan hak sukses Anda

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment