Home » , » Keberbakatan menurut Howard Gardner

Keberbakatan menurut Howard Gardner

Bakat dapat disebut juga sebagai kemampuan seseorang dalam bidang tertentu. Biasanya bakat merupakan faktor keturunan/hereditas. Namun tidak semua bakat merupakan hasil keturunan dari orang tua kita, namun bisa merupakan faktor bawaan dari lahir. Bakat bukan merupakan porsi yang besar bagi terwujudnya kesuksesan seseorang. Bakat merupakan salah satu "bekal" di antara "bekal-bekal" lainnya yang dikaruniai oleh Allah SWT untuk mengarungi hidup di dunia.

Jenis-jenis keberbakatan meliputi, kemampuan intelektual umum, kemampuan akademik khusus, kemampuan berpikir kreatif dan produktif, kemampuan dalam bidang seni, dan kemampuan psikomotor.

Howard Gardner, membagi tentang keberbakatan meliputi:

a. Kecerdasan Linguistik (Bahasa)

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan bahasa dan kata-kata, baik secara tertulis maupun lisan dalam berbagai bentuk yang berbeda untuk mengekspesikan gagasan/pemikirannya.

b. Kecerdasan logika-matematika

Kecerdasan ini mencakup kemampuan seseorang dalam berpikir induktif dan deduktif (pola berpikir ilmiah), berpikir menggunakan aturan logika, memahami dan menganalisis pola angka-angka dan penghitungan.

c. Kecerdasan ruang (visual-spatial)

Kecerdasan ruang adalah kemampuan seseorang untuk memahami secara lebih mendalam hubungan antara objek dengan ruang. Disebut juga kecerdasan imajinasi.

d. Kecerdasan musik

Adalah kemampuan seseorang untuk peka terhadap suara-suara non verbal di sekelilingnya, termasuk dalam hal ini adalah nada dan irama.

e. Kecerdasan gerakan badan

Kecerdasan badan adalah kemampuan seseorang untuk secara aktif menggunakan bagian-bagian atau seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi dan memecahkan berbagai masalah.

f. Kecerdasan naturalis (Kecerdasan lingkungan)

Kecerdasan naturalis adalah kemampuan seseorang untuk peka terhadap lingkungan alam dan kemampuan untuk memahami serta menghargai dampak perbuatan terhadap alam.

g. Kecerdasan antar pribadi

Yaitu kemampuan seseorang untuk peka terhadap perasaan, temperamen, keinginan, mood, dan tujuan orang lain, serta memberikan respons yang sesuai. Kecerdasan ini seringkali disebut kecerdasan sosial.

h. Kecerdasan intra pribadi (Cerdas diri)

Adalah kemampuan seseorang untuk peka terhadap dirinya sendiri, mengenali/memahami berbagai kekuatan dan kelemahan yang ada pada dirinya, dan bertanggung jawab atas hidup pribadinya.

Keberbakatan banyak tergantung dari faktor pembawaan (heredity). Tetapi sejauh mana bakat-bakat pembawaan tersebut dapat diwujudkan tergantung dari kondisi dan kesempatan yang diberikan oleh lingkungan keluarga dan masyarakat. Banyak anak yang potensial berbakat tapi tidak dapat mewujudkan keunggulannya karena lingkungan mereka menghambat pertumbuhan/perwujudan bakat tersebut secara optimal.


Sumber :

Modul Guru Pembelajar Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kelompok Kompetensi F. Pedagogik: Implementasi Teori Konseling. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016
Thanks for reading Keberbakatan menurut Howard Gardner

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment